'); }); Durian Jukung ~ Blogger Jukung

Kamis, 09 Januari 2020

Durian Jukung

Durian Jukung
Durian Jukung
Jukung dalam arti kamus besar Wikipedia adalah Jukung atau juga dikenal sebagai cadik adalah perahu kecil bercadik kayu dari Indonesia. Ia adalah perahu nelayan tradisional, tetapi penggunaan yang lebih baru diantaranya sebagai "Jukung Dives", yaitu penggunakan perahu sebagai kendaraan untuk kelompok kecil penyelam skuba.

Jukung bercadik ganda hanyalah salah satu dari banyak jenis kano bercadik Pasifik / Asia yang menggunakan layar cakar kepiting tradisional yang terdapat di seluruh Polinesia. Meskipun layar ini agak sulit dalam berlayar melawan ke angin, jukung sangat bagus kemampuannya dalam berlayar searah angin. Mereka biasanya berdekorasi bagus dan memiliki haluan seperti ikan marlin.

Orang-orang di Kalimantan juga menyebut perahu mereka sebagai Jukung. Ia digunakan untuk transportasi dalam kegiatan sehari-hari seperti pergi ke kantor, ke sekolah, atau berbelanja di pasar terapung (Pasar Terapung merupakan objek wisata yang sangat terkenal).

Saat ini ada versi modern jukung yang terbuat dari pipa High Density Polyethylene (HDPE) di Indonesia. Diiklankan sebagai perahu yang tidak dapat tenggelam, badan utama terbuat dari pipa HDPE tertutup yang mengandung udara tertutup sebagai sumber daya apungnya.

Nama daerah yang unik ini memiliki durian yang sangat enak sebut saja durian jukung karna salah satu petani ini menyebutnya durian jukung dari kebun nya sangat enak dan memiliki warna seperti mentega dan ada juga yang seperti emas (gold).

Lantas dimana kampung jukung ini yang sebenarnya


Sebut saja mamang yang menjual durian tersebut menjual apa adanya dan tidak bohong dalam berniaga satu buah durian ini di hargai 25rb/buah isi dalam durian bisa mendapai 10 biji dengan warna durian kuning mentega dan warna mas (gold) laris manis.

Trik mamang penjual durian sangat pandai yaitu dengan cara melobangi segitiga apabila durian ini tidak kuning makan si mamang tidak menjual nya dan sebaliknya jika durian isi nya kuning mentega maka pembeli harus memebelinya.

Desa / Kelurahan  : Jukung
Kecamatan           : Lubuk Linggau Selatan Satu (I)
Kota                     : Lubuk Linggau
Propinsi                : Sumatera Selatan
Kodepos               : 31629

Untuk yang mencari alamat jukung tersedia di atas, jukung juga terkenal akan perkebunan kopi masyarakatnya silahkan share supaya nama desa kamu menjadi terkenal hasil bumi dan tentu dapat menambah pendapatan ekonomi daerah.






0 $type={blogger}:

Posting Komentar